Pemasaran Buku
Belajar
Menulis Gelombang @27
Pertemuan
ke-21
Hari/Tanggal : Jumat,
7 Oktober 2022
Tema : Pemasaran Buku
Moderator : Mutmainah
Nara Sumber : Agus Subardana
Semua orang akan mati terkecuali
karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat
kelak”- Ali bin Abi Thalib
Seperti yang kita ketahui buku
merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan.
Hasil tulisan kita tentu saja
ingin bermuara menjadi sebuah buku, tetapi setelahnya bingung bagaimana cara memasarkan buku yang sudah
dicetak.
Apakah dibiarkan numpuk hanya
sekedar koleksi saja, atau ditumpuk di perpustakaan sekola?
Atau layak kah buku kita untuk
diperjualbelikan?
Itulah kata pengantar yang diucapkan oleh Ibu
moderator malam ini. Sudah setengah
perjalanan kita mengikuti materi bimbingan menulis ini.Sungguh Indahnya kita
bisa bersama dan berkumpul merangkai kebersamaan dalam satu tekad dan tujuan
yaitu ingin menjadi penulis. Setelah melampaui beberapa materi mungkin materi
ini sebagai akhir tolak ukur jika kita
sudah punya buku dan sudah diterbitkan, akan dikemanakan nya buku-buku yang
kita tulis ini?
Inilah strategi pemasaran yang
harus kita punya sebab tentu saja
buku-buku yang kita tulis tidak inginkan berakhir dilemari buku yang ada di
rumah?
Nah malam ini kita akan membahas
tuntas bagaimana caranya memasarkan buku kita.
Materi kita malam ini dibimbing
oleh sang moderator yang piawai dalam ilmu strategi pemasaran yakni Bapak Agus
Subardana.Bapak Agus Subardana S.E, M.M. ini adalah seorang Direktur
Marketing penerbit Andi Offset. Menggeluti bidang pemasaran sejak awal tahun 1999 sampai saat ini. Bukan
waktu yang singkat 23 tahun berkiprah di dunia kepenerbitan. Dan Ditopang
dengan riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 manajemen pemasaran. Sebagai bukti
keprofesionalan, beliau sering menjadi
moderator di berbagai event webinar.
Prolog
Tujuan menulis adalah untuk
menghasilkan karya buku yang kemudian disajikan kepada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian apa
yang diminati oleh Masa. Tidak
mudah membidik selera dari konsumen
yang lahir dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan
agar buku yang kita tulis
benar-benar dinikmati sebagai
menu yang sangat dibutuhkan.
Definisi Strategi Pemasaran Buku
Strategi pemasaran penjualan buku
sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh
Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32
katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku
Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Strategi pemasaran penjualan buku
sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh
Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32
katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku
Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku
tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis
katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan
dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran yaitu:
·
Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing
dan masyarakat.
·
Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan
bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor
keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset
sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 42 tahun
dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di
kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi Pemasaran buku dibagi menjadi dua strategi pemasaran yaitu :
·
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara
·
Strategi pemasaran buku serangan Darat
Dua strategi tersebut dapat kita
jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
· Pemasaran
buku lewat Online
Penerbit ANDI
saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi
dengan istilah digital marketing. Digital
marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan
produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau
kita dalam dunia biisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti
sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan
zaman dan juga keinginan customer
maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu
iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan
ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa
bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang
signifikan bagi kehidupan kita.
Ada Jenis-jenis
digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset antara lain :
1. Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
2.
Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna
internet untuk mengunjungi website
Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita
tawarkan.
3. Search
Engine Marketing (SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari,
Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang
bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari
atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4. Social media marketing memanfaatkan
berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita
bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial
seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
5. Email
Marketing. strategi marketing yang satu
ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant
messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan
promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa
kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger,
WeChat, dan platform messenger lainnya.
7. Influencer
Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan
pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan
atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video
marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
9. TV. ANDI AKADEMI . Penerbit Andi Offset
mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI , Pemasaran melalui
channel Youtube juga dinilai sangat
efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android .
Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan
streaming.
10. Kami Juga
telh berkerjasama dengan marketplace seperti bukalapak, shopee, dll serta
moitra / reseller
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus
proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
-
Menyebarkan informasi produk secara masif kepada
target pasar potensial
-
Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan
konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-
Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar
lagi lesu
-
Menaikkan penjualan dan profit
-
Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan
dengan pesaing
-
Membentuk citra produk dibenak mata konsumen
sesuai dengan yang diinginkan
-
Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat
konsumen
b. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas
masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas (membuat
Grup w.a dll)dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana
promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya
kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat
menjaga integritas pribadi kita.
B.Strategi pemasaran
buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam
penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka
cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi
telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga
pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran
buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita
tuju , antara lain :
1.Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai
mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di
Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Saat pandemi covid saluran distribusi lewat Toko buku sangat
berat sekali dan banyak toko buku yang gulung tikar. Namun saat ini toko buku
mulai mengeliat kembali walaupun belum 100 Percent pulih seperti sebelum Covid
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini
dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan
tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung
Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem
transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan
sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan
mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional
biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih
dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual /
konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
·
Menguasai display buku , supaya tampilan buku
dapat terlihat dan menonjol.
·
Mengadakan promosi di internal toko dengan
memasang produk di Neon Box, X Banner
·
Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan
Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
·
Mengadakan event tematik sesuai moment bulan
berjalan (program Ramadhan, Program TAB,
Program TAM , dll )
Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern
yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak
internal Toko Buku modern tersebut.
Penerbit Andi Offset mempunyai Sales Toko Buku disetiap
cabang - Cabang besar di Indonesia yang bertugas untuk mendisplay buku, menawarkan
produk ke konsumen yang datang ke toko dan melakukan R.O
Strategi Pemasaran melalui Direct Selling
Pemsaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan .
-
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan
buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
-
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata
kualiah
-
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri
tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
·
Kunjungan langsung ke tiap sekolah
·
Kunjungan langsung ke setiap kampus
·
Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan
sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Tenaga penjual / Sales tersebut akan berjuang untuk bisa
menguasai areanya dan pelakukan penetrasi pasar untuk bisa transaksi sesuai
target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.
Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
webinar , workshop, Tryout, dan sebagainya.
Cari dulu di Papua
Cukup sekian dan terimakasih
Semoga bermanfaat untuk kalian semua
Alhamdulillah resume sudah jadi, semoga bisa jadi buku solo
BalasHapus