How To Write Good Resume
How To Write Good Resume
Dalam pembelajaran tersebut ada beberapa hal yang harus pembaca
ketahui apa yang di maksud Resume itu
sendiri serta langkah-langkah yang harus kita punya untuk bagaimana kita bisa membuat
resume yang baik. Mari sekarang kita mengetahui Apa itu pengertian Resume?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Resume adalah ikhtisar atau ringkasan. Dimana
sebuah intisari penting, harus berkembang menjadi sebuah tulisan untuk memberikan
informasi kepada pembaca.Agar tulisan resume kita bisa tersimpan aman dan bisa di baca orang, jaman sekarang yang
serba canggih ini terdapat media online yang bisa menyimpan resume kita .Jadi
blog adalah media yang kita gunakan dalam meresume materi yang diberikan oleh
narasumber.
Beliau juga menyampaikan makna dari blog.
Blog adalah media yang kita gunakan dalam meresume materi yang diberikan
oleh narasumber. Untuk itu, sebelum kita memahami cara meresume yang baik, kita
perlu mendalami mental menjadi seorang blogger. Sepele memang, tapi mental ini
acap kali yang mengurung kita agar tidak up stair dalam
menulis. Jadi, untuk menjadi seorang blogger tentu perlu psikologis yang baik.
Untuk menjadi seorang blogger pemula, kita harus menanamkan
mental baja agar bisa handal. Beliau memberikan 4 hal penting yang harus dimiliki
dalam langkah-langkah dalam Menulis :
1. terus memupuk rasa
percaya diri.
3. hindari
plagiarisme. Copy paste sangat dilarang dalam menulis. Termasuk meng copy
seluruh pernyataan narasumber.
Selain itu juga kita diberitahu oleh beliau Cara menulis Resume dengan benar.Resume yang
baik merupakan resume yang berasal dari pemikiran penulis sendiri, dengan
landasan dari materi dari narasumber dengan dukungan materi dari luar yang
mempunyai relevansi. misal materi tambahan kita ambil dari google atau situs
lain.
Untuk bisa meresume
yang baik kita harus memperhatikan hal dibawah ini, yaitu: Mengamati
Memodifikasi,Menghindari copy paste,Memparafrase bahasa
narasumber,Memberi kesimpulan
Menulis with own version.Jika hal-hal diatas masih sulit
untuk dilakukan maka gunakan langkah 5W + 1 H. Dalam versi bahasa Indonesia
adalah tehnik ADIKSIMBA yaitu :
Apa materi yang di bahas?
Dimana sumber referensinya?
Kemana arah materi yang disampaikan?
Siapa yang menjadi rujukan materi?
Kenapa materi ini begitu penting?
Bagaimana feedback dari materi ini?
Selanjutnya ada
Poin penting dalam meresume yang harus kita ketahui yaitu:
Menghindari pembaca merasa jenuh. Maka, menulis paragraf
dengan bait yang pendek-pendek akan membantu pembaca memahami intisari yang
kita sampaikan.
Menulis bahasa narasumber dengan tehnik parafrase (mengulang
kembali dengan gaya bahasa sendiri/menyimpulkan dengan pendapat sendiri).
Jika teknih parafrase dirasa sulit, maka menambahkan kutipan
dan penegasan penyebutan sangat diharuskan.
Di akhir pembahasannya beliau menutup tulisan dengan
memberikan tips bagaimana bisa membuat Resume
yang baik .Kita bisa melakukannya dengan memperhatikan another point dalam
googling matter atau mencari referensi dari google, kita harus
menyematkan alamat web nya harus disisipkan di dalam resume kita, pertanyaan
mendasarnya yaitu Harus seperti apa resume saya? Di buat se simple mungkin,
ataukah begitu panjang lebar??? atau seperti apa?
Maka yang perlu diperhatikan adalah mengenai tujuannya.
sehingga kita kita dilihat berdasarkan tujuannya, yaitu :
Jika resume yang dibuat hanya untuk dinikmati para pembaca
blogger, maka buat saja yang sederhana. As easy as simple. Yang penting berasal
dari buah pemikiran sendiri, kajian materi dari narasumber adalah bagian dari
referensi dan ditulis dengan gaya bahasa sendiri yang mencerminkan ke khasan.
Seperti dibubuhi dengan quotes, puisi, atau lainnya.
jika resume yang dibuat bertujuan untuk dijadikan sebuah
buku, maka penulisan resume harus menggunakan kaidah penulisan yang baik, tata
bahasa yang baku, serta referensi materi yang banyak. Hal ini untuk memudahkan proses
editing agar lebih mudah dan cepat.
Komentar
Posting Komentar