How To Write Good Resume

 



How To Write Good Resume

Resume ke-3
Gelombang 27
Tanggal : 26 Agustus 2022
Tema : How to Write Good Resume
Narasumber : Maydearly
Moderator : Mutmainah


Pada hari Jum'at malam Sabtu tanggal 26 Agustus 2022 diadakan kelas pembelajaran yang Excellent yaitu kelas Belajar Menulis ke 27 dengan Narasumber yang luar biasa yaitu Ibu Maesaroh, M.Pd dengan panggilan pena beliau yaitu Ibu Maydearly. Beliau mendapatkan gelar The Queen of diction karena keahliannya menulis diksi-diksi indah dalam puisi. Beliau juga adalah seorang guru, blogger, motivator dan novelis. Salah satu karyanya yang booming berjudul Januari dalam Kenangan, sebuah buku yang menghimpun kisah korban bencana alam di Kabupaten Lebak yang terjadi pada 1 Januari 2020 silam.Kelas menulis ini Dipandu oleh Moderator handal yaitu Ibu Mutmainah dengan nama panggilan beliau Ibu Emut. Pada pertemuan ke-3 ini pembelajaran menulis kita kali ini bertemakan tentang : "How To Write Good Resume".

Dalam pembelajaran tersebut  ada beberapa hal yang harus pembaca ketahui  apa yang di maksud Resume itu sendiri serta langkah-langkah yang harus kita punya untuk bagaimana kita  bisa membuat  resume yang baik. Mari sekarang kita mengetahui   Apa itu pengertian Resume?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  Resume adalah ikhtisar atau ringkasan. Dimana sebuah intisari penting, harus berkembang menjadi sebuah tulisan untuk memberikan informasi kepada pembaca.Agar tulisan resume kita bisa tersimpan aman  dan bisa di baca orang, jaman sekarang yang serba canggih ini terdapat media online yang bisa menyimpan resume kita .Jadi blog adalah media yang kita gunakan dalam meresume materi yang diberikan oleh narasumber.

Beliau juga menyampaikan makna dari blog. 

Blog adalah media yang kita gunakan dalam meresume materi yang diberikan oleh narasumber. Untuk itu, sebelum kita memahami cara meresume yang baik, kita perlu mendalami mental menjadi seorang blogger. Sepele memang, tapi mental ini acap kali yang mengurung kita agar tidak up stair dalam menulis. Jadi, untuk menjadi seorang blogger tentu perlu psikologis yang baik.

Untuk menjadi seorang blogger pemula, kita harus menanamkan mental baja agar bisa handal. Beliau memberikan 4 hal penting yang harus dimiliki dalam langkah-langkah dalam Menulis :

1.  terus memupuk rasa percaya diri.

3.  hindari plagiarisme. Copy paste sangat dilarang dalam menulis. Termasuk meng copy seluruh pernyataan narasumber.

Selain itu juga kita diberitahu oleh beliau  Cara menulis Resume dengan benar.Resume yang baik merupakan resume yang berasal dari pemikiran penulis sendiri, dengan landasan dari materi dari narasumber dengan dukungan materi dari luar yang mempunyai relevansi. misal materi tambahan kita ambil dari google atau situs lain.

Untuk bisa  meresume yang baik kita harus memperhatikan hal dibawah ini, yaitu: Mengamati

Memodifikasi,Menghindari copy paste,Memparafrase bahasa narasumber,Memberi kesimpulan

Menulis with own version.Jika hal-hal diatas masih sulit untuk dilakukan maka gunakan langkah 5W + 1 H. Dalam versi bahasa Indonesia adalah tehnik ADIKSIMBA yaitu :

Apa materi yang di bahas? 

Dimana sumber referensinya? 

Kemana arah materi yang disampaikan?

Siapa yang menjadi rujukan materi?

Kenapa materi ini begitu penting?

Bagaimana feedback  dari materi ini? 

 Selanjutnya  ada Poin penting dalam meresume yang harus kita ketahui  yaitu:

Menghindari pembaca merasa jenuh. Maka, menulis paragraf dengan bait yang pendek-pendek akan membantu pembaca memahami intisari yang kita sampaikan.

Menulis bahasa narasumber dengan tehnik parafrase (mengulang kembali dengan gaya bahasa sendiri/menyimpulkan dengan pendapat sendiri).

Jika teknih parafrase dirasa sulit, maka menambahkan kutipan dan penegasan penyebutan sangat diharuskan.

Di akhir pembahasannya beliau menutup tulisan dengan memberikan tips bagaimana  bisa membuat Resume yang baik .Kita bisa melakukannya dengan  memperhatikan another point dalam  googling matter atau mencari referensi dari google, kita harus menyematkan alamat web nya harus disisipkan di dalam resume kita, pertanyaan mendasarnya yaitu Harus seperti apa resume saya? Di buat se simple mungkin, ataukah begitu panjang lebar??? atau seperti apa? 

Maka yang perlu diperhatikan adalah mengenai tujuannya. sehingga kita kita dilihat berdasarkan tujuannya, yaitu :

Jika resume yang dibuat hanya untuk dinikmati para pembaca blogger, maka buat saja yang sederhana. As easy as simple. Yang penting berasal dari buah pemikiran sendiri, kajian materi dari narasumber adalah bagian dari referensi dan ditulis dengan gaya bahasa sendiri yang mencerminkan ke khasan. Seperti dibubuhi dengan quotes, puisi, atau lainnya.

jika resume yang dibuat bertujuan untuk dijadikan sebuah buku, maka penulisan resume harus menggunakan kaidah penulisan yang baik, tata bahasa yang baku, serta referensi materi  yang banyak. Hal ini untuk memudahkan proses editing agar lebih mudah dan cepat. 

Demikian penjelasan tentang How To Write Good Resume.Semoga  tulisan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk para pembaca .





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivasi menulis dan Menerbitkan Buku

Menulis Buku Biografi

Digitalisasi Gerakan Literasi Sekolah